Kamu pernah dengar temanmu membicarakan soal GCam alias Google Camera?
Gcam adalah aplikasi kamera bawaan dari smartphone Google Pixel, yang mulai di perkenalkan dari besutan pertama smartphone Pixel pada tahun 2016.

Kamera pada Piksel membentuk salah satu aspek perangkat yang lebih baik. Kamera belakang 12,3MP menangkap detail tingkat tinggi dalam berbagai kondisi pencahayaan, termasuk kondisi cahaya rendah dan pencahayaan dalam ruangan.

Kinerja kamera pixels dapat ditelusuri sejauh siklus pengembangan Google Glass. Gcam dimulai pada 2011 sebagai solusi untuk menyesuaikan pengalaman kamera yang layak dalam Google Glass. Tim Gcam menerapkan komputasi pada perangkat lunak untuk mengkompensasi dan bahkan overload pada keterbatasan perangkat keras.

Solusi Gcam adalah bentuk penggabungan gambar, sebuah metode yang mengambil urutan pemotretan yang cepat dan menyatukannya bersama untuk membuat gambar tunggal yang berkualitas tinggi. Image Fusion memulai debutnya di Glass pada 2013, dan itu mampu membawa Gcam untuk mendapatkan iterasi fusion image ke smartphone dalam bentuk HDR+ pada Nexus 5.

Mode HDR+ saat ini dijadikan mode default untuk mengambil gambar di Google Pixel dan Pixel XL.

Untuk kedepannya tim Gcam akan mencoba beberapa kemungkinan untuk apa yang bisa di lakukan selanjutnya pada Gcam, salah satunya adalah menggabungkan Google Machine Learning Resource dengan fotografi.

Untuk menginstall Gcam, kamu bisa klik disini