Setiap tahun, sama seperti Google melakukan konferensi pers I / O untuk memperkenalkan pengembang ke versi Android baru dan mengumumkan semua fitur dan API yang akan datang, Apple juga melakukan hal yang sama. Acara WWDC-nya berlangsung Senin lalu dan, seperti halnya penggemar ponsel, kami mendengarkan apa yang ada di perusahaan untuk sistem operasinya. Sementara retorika yang mendominasi selama bertahun-tahun adalah kemampuan luar biasa Apple untuk mengumumkan fitur Android yang telah ada selama bertahun-tahun sebagai inovatif dan terobosan, banyak hal telah berubah baru-baru ini. 2019 adalah salah satu yang paling menarik berkat banyak tambahan baik kecil dan besar untuk iOS 13 yang membuat kita sedikit bermata dan cemburu. Jadi, inilah dua puluh lima fitur iOS baru.

Sign in with Apple

Pasti pengumuman paling menarik yang dibuat di WWDC, Masuk dengan Apple adalah proses masuk baru yang tersedia untuk pengembang dan pembuat layanan. Ini memiliki kenyamanan yang sama dengan login Google (mis. Tidak perlu membuat akun baru dan menghafal kata sandi baru), tetapi itu dibangun dengan mempertimbangkan privasi. Bandingnya adalah Anda dapat masuk ke aplikasi apa pun hanya dengan mengetuk tombol – perangkat akan menggunakan ID Sentuh atau ID Wajah untuk mengautentikasi Anda, sehingga alamat email Anda tidak dapat dimasukkan di mana pun. Untuk penyedia yang masih ingin memiliki email untuk menghubungi Anda, Apple menawarkan untuk membagikan alamat email yang tepat atau menyembunyikannya dengan memberikan alamat unik yang meneruskan ke alamat asli Anda. Setiap aplikasi mendapatkan alamat email yang dihasilkan berbeda, sehingga tidak ada dua aplikasi yang dapat melacak penggunaan Anda di seluruh itu.

Mode Gelap Otomatis

iOS 13 memperkenalkan Mode Gelap seluruh sistem, tetapi tidak seperti Android Q, ia juga dapat dihidupkan secara otomatis. Pilihan termasuk dari matahari terbenam ke matahari terbit serta jadwal khusus pengguna, sehingga Anda dapat mengaktifkan mode gelap pada pukul 10 malam kemudian beralih kembali ke mode cahaya pada jam 7 pagi. Atau sebaliknya jika Anda seorang vampir.

Optimasi Pengisian Baterai

Tidak disebutkan selama keynote, tetapi iOS 13 membawa pengaturan untuk menjaga kinerja dan umur panjang baterai Anda. Itu dilakukan dengan menghindari menjaganya tetap terisi penuh untuk jangka waktu yang lama, yang diketahui dapat menurunkan baterai. Saat diaktifkan, perangkat Anda akan mengisi daya hingga 80% dan menunggu, meskipun itu masih terhubung. Berdasarkan perilaku masa lalu Anda, itu hanya akan mengisi sisa 20% tepat sebelum Anda biasanya mencabut dan mulai menggunakan telepon Anda.

Maps: Favorites and Look Around

Apple Maps telah lama menjadi bahan tertawaan bagi pengguna iOS dan Android. Selain mengumumkan data peta yang lebih rinci mulai dari AS, Apple menambahkan beberapa fitur yang ada di Google Maps. Pertama adalah cara super mudah untuk mengakses favorit hanya dengan menggesekkannya di layar utama. Sementara Google Maps lebih fokus mengeksplorasi tempat-tempat di sekitar Anda (dan menyembunyikan tempat yang berkilau bintangnya di menu samping), pendekatan Apple adalah membiarkan Anda dengan cepat membuka favorit, daftar, dan pencarian terbaru Anda.

Tambahan spektakuler lainnya adalah Street Around-like Look Around baru, yang memadukan citra kehidupan nyata dengan data peta dalam dua cara. Tidak hanya membuat Anda melihat jalan yang sebenarnya dan bergerak dengan mulus seolah-olah Anda ada di sana, itu juga menutupi tempat-tempat menarik di atas gambar (lihat ikon merah muda dan kuning mengambang di sebelah kiri pada tangkapan layar di bawah) dan memungkinkan Anda menjelajahinya tanpa meninggalkan jalan. Itu juga bekerja sebaliknya: Anda bisa overlay Lihat Sekitar di atas peta, sambil tetap mengontrol yang terakhir. Semuanya cukup mengesankan ketika Anda melihatnya beraksi, dan sesuatu yang pasti kami lihat di Google Maps dan Street View.

Find Your Device, Even Offline

Kami telah dapat menemukan ponsel, tablet, jam tangan, dan Chromebook Android kami selama bertahun-tahun sekarang, tetapi jika perangkat Anda offline, lokasi yang Anda miliki adalah yang terakhir di mana ia terhubung. Dengan fitur-fitur baru di Find My Apple, pengguna akan dapat memperoleh lokasi perangkat mereka bahkan jika mereka tidak lagi online. Cara kerjanya adalah iPhone atau Macbook atau iPad yang terputus masih berfungsi seperti suar Bluetooth yang aman. Ini akan menyampaikan lokasinya, secara terenkripsi dan anonim, ke perangkat Apple terdekat lainnya. Ini akan mendukung seluruh jaringan perangkat dan pada akhirnya mencapai Anda.

Full Page screenshots

Beberapa merek Android telah memiliki screenshot bergulir selama bertahun-tahun sekarang, tetapi kami harus membuat kerusuhan dekat untuk membuat Google berkomitmen untuk mengimplementasikannya secara native di Android R – baca: tahun depan. Serahkan pada Apple untuk meningkatkan ini dengan membuat sesuatu yang lebih baik. iOS dan iPadOS keduanya mendukung mode Halaman Penuh baru untuk tangkapan layar, di mana Anda cukup mengetuk tombol dan seluruh halaman yang Anda lihat (halaman web, dokumen, catatan panjang, aplikasi yang menggulir secara vertikal, dll …) disimpan. Tidak diperlukan animasi atau pengguliran manual.

More powerful Reminders

Sistem Pengingat Google telah ada selama bertahun-tahun, tetapi tidak menentu, membingungkan, tersebar di beberapa aplikasi termasuk Keep, Kalender, Asisten, dan aplikasi Tugas baru, dan berbeda dalam pelaksanaannya di antara masing-masing. Bandingkan itu dengan aplikasi Pengingat terpusat Apple dan Anda memiliki jurang pemisah yang besar antara kedua OS. Apple memperluas celah itu lebih jauh dengan memberikan aplikasi Pengingat lapisan cat baru dan banyak fitur baru di iOS 13. Ada daftar pintar untuk hal-hal yang dijadwalkan hari ini, dijadwalkan nanti, atau ditandai. Ada juga mekanisme penguraian cerdas yang memahami tempat dan waktu, seperti “pergi ke gym setiap hari Rabu pukul 8 malam.” Yang juga baru adalah toolbar cepat untuk menetapkan waktu, lokasi, bendera, atau lampiran untuk pengingat apa pun, termasuk hal-hal seperti meninggalkan pekerjaan atau pulang. Dan yang paling menarik adalah integrasi yang lebih baik dengan layanan lain, seperti mengaitkan to-do dengan pengingat tingkat atas; menandai seseorang di pengingat sehingga saat berikutnya Anda mengirim pesan kepada mereka, Anda akan diberi tahu tentang topik yang harus Anda diskusikan; dan meminta Siri menyarankan Anda mengatur pengingat ketika Anda mengobrol dengan seseorang tentang apa yang seharusnya menjadi tugas yang akan datang. Integrasi yang lancar seperti yang kami harapkan dapat dilakukan oleh Google Tasks, Keep, Calendar, Messages, dan Assistant.

Pengeditan Video Non-destructive and extensive

Mungkin fitur yang paling mengesankan, namun paling sedikit dibicarakan tentang demo di WWDC adalah pengeditan video non-destruktif baru iOS 13. Pikirkan bagaimana Anda dapat membuka foto apa pun di Foto Google, menerapkan suntingan apa pun, menyimpannya, dan masih kembali ke aslinya kapan pun Anda mau, dan Anda juga akan melihat apa yang iOS lakukan terhadap video. Ada rotasi dan flipping, semua jenis filter dan efek, banyak opsi untuk memotong secara vertikal atau horizontal dan untuk rasio apa pun yang Anda inginkan, dan akhirnya, tombol reset sederhana yang membawa Anda kembali ke video asli, bahkan jika Anda sudah menyimpan kemajuan Anda. . Ini tingkat pengeditan video yang kuat yang kami impikan di Foto Google. Alih-alih, aplikasi ini hanya menangani stabilisasi, rotasi, dan pemotongan, yang semuanya membuat video baru alih-alih menerapkan di atas yang sudah ada.

Smarter Photo Library

Saya suka Google Photos, jangan salah, tapi melihat mode tampilan baru iOS untuk aplikasi Foto membuat saya sangat iri. Galeri dapat dengan cerdas dan dalam satu gerakan menghapus duplikat, tangkapan layar, tanda terima, untuk fokus hanya pada foto paling menarik setiap hari. Ini juga memiliki tampilan bulan dengan highlight dari hari-hari tertentu. Namun yang lebih mengagumkan adalah tampilan tahunan kontekstual dan dinamis. Ini memunculkan highlight dari tahun-tahun sebelumnya yang serupa dengan apa yang Anda lakukan sekarang. Jika ini hari ulang tahun seseorang, misalnya, semua thumbnail tampilan tahunan akan fokus pada hal itu dan memungkinkan Anda mengakses foto Anda dengan cepat dari ulang tahun sebelumnya.

Portrait Lighting Effects untuk Kamera

Meskipun Anda selalu dapat mengedit gambar setelah mengambilnya di platform apa pun, kemampuan untuk melihat efek tertentu sangat disambut, karena dapat membantu Anda membingkai foto Anda dengan lebih baik. Itu sebabnya saya menyukai opsi untuk menerapkan efek pencahayaan dalam bidikan potret sementara masih menggunakan kamera di iOS 13. Anda bahkan dapat mengubah efeknya sehingga cahaya tampak lebih dekat atau lebih jauh dari subjek.

Pengaturan per-situs Web dan Peningkatan Browser

Safari di iOS 13 membawa banyak perubahan kecil tapi menyenangkan yang ingin kami lihat di Chrome. Mode pembaca, menampilkan desktop atau situs seluler, dan pemblokir konten sekarang dapat diatur berdasarkan per-situs. Dan yang baru adalah pop-up yang menanyakan apakah Anda ingin mengubah ukuran gambar sebelum mengunggahnya, dan menawarkan beberapa opsi sehingga Anda tidak membagikan gambar 7MB di bagian komentar Disqus, misalnya.

Yang juga baru adalah sub-halaman yang disarankan Siri, jadi ketika Anda mengetik “espn,” Anda dapat dengan cepat beralih ke NFL, NBA, MLB, dan sub-halaman populer lainnya tanpa memuat situs utama terlebih dahulu.

Dan diakhir, Safari menambahkan bookmark multi-tab. Anggap saja sebagai grup tab Chrome dengan bookmark di bagian atas, sehingga Anda dapat memilih beberapa tab, menyimpannya bersama, menutupnya, dan kemudian dapat membuka kembali semuanya sekaligus. Ini bisa sangat berguna untuk alur kerja tertentu, seperti dengan cepat memuat berbagai situs yang Anda periksa setiap pagi, atau menyatukan situs perencanaan perjalanan favorit Anda.

Izinkan Aplikasi Mengakses Lokasi Hanya Sekali

Android Q baru saja memperkenalkan kemampuan izin lokasi baru, termasuk opsi untuk memungkinkan akses aplikasi ke lokasi Anda hanya saat sedang digunakan, tetapi iOS 13 mengambil satu langkah lebih jauh. Anda dapat membiarkan aplikasi mengakses lokasi Anda hanya sekali, maka itu harus meminta Anda lagi. Ini bisa berguna untuk aplikasi yang perlu mengetahui lokasi umum Anda untuk menyesuaikan konten mereka, tetapi tidak perlu lebih jauh setiap kali Anda menggunakannya.

Batas aplikasi gabungan dalam Screen Time

Screen Time setara dengan Digital Wellbeing di Android milik Apple, dan dengan iOS 13 ia telah menerima beberapa peningkatan yang sangat kami sukai. Anda dapat meminta satu menit lagi sebelum aplikasi dijeda, hanya agar Anda dapat menyelesaikan tugas Anda saat ini, serta menetapkan batas komunikasi untuk anak-anak sehingga mereka hanya dapat berbicara dengan kontak yang disetujui pada waktu yang berbeda dalam sehari. Tapi yang lebih berguna menurut saya adalah batas aplikasi gabungan. Katakanlah Anda hanya ingin menghabiskan satu jam untuk bermain game atau jejaring sosial atau aplikasi perpesanan, Anda dapat memilih beberapa aplikasi di setiap kategori dan menetapkan batas keseluruhan untuk semuanya. Dengan cara itu Anda dapat membagi waktu yang diberikan sesuai keinginan Anda setiap hari.

Hotspot Family Sharing

Saat Anda bepergian atau melakukan perjalanan di luar rumah, dan Anda adalah salah satu dari sedikit orang yang memiliki koneksi data, keluarga Anda mungkin mulai mengganggu Anda untuk membagikannya kepada mereka. Membuat hotspot itu mudah, tetapi memberikan kata sandi itu kepada orang yang berbeda dapat mengganggu, jadi iOS telah menambahkan opsi berbagi keluarga untuk memungkinkan anggota iCloud dari keluarga yang sama untuk secara otomatis terhubung ke hotspot perangkat Anda tanpa harus menyiapkan jaringan WiFi baru atau masukkan kata sandi baru.

Lyric saat memain Musik

Ada lusinan aplikasi yang dapat melakukan hal khusus ini di Android, tetapi memiliki fungsi yang berasal dari aplikasi musik, jauh lebih baik. Jadi, kami sangat iri dengan kemampuan iOS yang baru ditambahkan untuk menampilkan lirik yang selaras dengan musik, tentu saja akibat dari akuisisi Shazam oleh Apple. Anda juga dapat mengetuk bagian lirik apa saja untuk melompat ke bagian lagu itu. Saya memimpikan hari Spotify mengimplementasikan itu, alih-alih terbatas di balik Liriknya. Atau Musik YouTube jika itu yang Anda inginkan.

Beralih jaringan Wi-Fi dari Pusat Kontrol

Di Android, kami dulu dapat dengan cepat beralih ke jaringan Wi-Fi apa pun dengan hanya memperluas sakelar pengaturan cepat, lalu Pie menghapusnya. Sekarang, mengetuk dan menahan pada sakelar membuka seluruh halaman Wi-Fi di Pengaturan. Dan apa yang ditambahkan iOS? Nah, opsi untuk beralih dengan cepat jaringan Wi-Fi (dan perangkat keluaran Bluetooth) dari Control Center.

Kontrol Suara dengan Kisi bernomor

Google menghabiskan banyak waktu untuk membahas aksesibilitas di I / O dengan melibatkan Google Assistant, pengenalan ucapan yang mengesankan, dan banyak lagi. Tetapi satu fitur dari Apple membuat saya tersenyum dan berpikir ini harus diterapkan di mana-mana: kontrol suara dengan angka. Cukup ucapkan “tampilkan angka” saat menavigasi iOS (dan macOS) dan seluruh layar Anda akan diubah menjadi kisi bernomor. Anda dapat mempersempit bagian yang sangat tepat dan memicu input di sana, semuanya dengan sangat cepat, sebuah fitur yang dapat diterima oleh siapa pun yang memiliki keterbatasan mobilitas.

Siri Shortcuts

Tidak banyak kemampuan Siri yang saya harap Google Assistant miliki, tetapi Shortcuts jelas salah satunya. Fitur ini dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi pihak ketiga, menghemat banyak klik berulang untuk tugas-tugas yang sering Anda lakukan, dan sekarang hadir di dalam iOS 13. Ini juga akan mulai menyarankan beberapa otomatisasi untuk Anda dengan mengambil kebiasaan Anda dan melemparkannya ke dalam templat, jadi Anda hanya perlu menyetujui dan memulai. Ini adalah jenis kecerdasan dan integrasi aplikasi yang dalam yang saya harap Asisten miliki.

Bagikan audio dengan orang lain

Berkat ekosistem perangkatnya, Apple dapat mengaktifkan beberapa pengalaman yang akan jauh lebih mulus dan lebih rumit untuk dicapai di Android. Salah satunya adalah kemampuan baru iOS untuk berbagi pemutaran audio dengan AirPod orang lain, tanpa memasangkannya terlebih dahulu, memutuskan sambungan perangkat Anda saat ini, atau bahkan menghentikan musik untuk memulai. Dua orang, dua set Airpods, pemutaran audio yang sama.

Hand off audio to the HomePod

Dalam nada yang sama untuk berbagi audio antara AirPods, Anda sekarang dapat menyerahkan musik, podcast, dan panggilan telepon dari iPhone Anda ke HomePod dengan hanya mendekatnya ketika Anda tiba di rumah atau memasuki ruangan tertentu. Demikian juga, Anda dapat membawa audio saat Anda pergi.

Banyak tambahan yang bagus untuk iPadOS

Sementara Google telah sepenuhnya menyerah pada gagasan Android di tablet, Apple terus maju dengan iPad-nya. Di WWDC, perangkat diberi OS sendiri, terpisah dari iOS. Bahkan jika tidak ada gunanya membuat perbandingan langsung dengan Android, kami tidak bisa tidak melirik dan memikirkan apa yang bisa terjadi.

IPadOS baru ini menghadirkan dua cara multitasking: Slide Over, yang memaparkan aplikasi di sisi kanan di atas aplikasi Anda saat ini; dan Split View, yang sekarang mendukung dua jendela dari aplikasi yang sama, drag-n-drop di antara jendela, seret untuk membuat jendela baru, dan beberapa ruang dengan masing-masing tampilan terpisah. Anda juga dapat menjalankan beberapa contoh aplikasi yang sama, dan melihat dasbor semua ruang Anda untuk beralih di antaranya. Ini adalah multitasking tingkat desktop, dan sesuatu yang baik Android maupun Chrome OS tidak dapat menangani ini dengan baik.

Tambahan lainnya termasuk gerakan untuk memilih teks, menyalin, memotong, menempel, membatalkan, dan mengulang; keyboard mengambang yang dapat dipindahkan di sekitar layar; tampilan kolom dalam File untuk menelusuri struktur file yang rumit, melihat thumbnail, melakukan tindakan cepat, dan memeriksa metadata secara bersamaan; dan kemampuan untuk menggunakan iPad sebagai tampilan kedua untuk Mac, berkabel atau nirkabel, termasuk dukungan sentuh dan input.

Di luar iOS: CarPlay, HomeKit, tvOS, watchOS

Tindakan yang disarankan Siri di CarPlay

Mirip dengan homescreen yang dirancang ulang Android Auto, CarPlay mendapatkan dasbor baru dan salah satu tambahan yang paling menarik adalah tindakan yang disarankan Siri, yang memunculkan tindakan cepat seperti membuka pintu Garage saat Anda dekat dengan rumah, atau melihat acara kalender berikutnya saat Anda pergi di pagi hari.

HomeKit Secure Video dan router

Apple juga mengumumkan dua fitur HomeKit baru untuk router dan kamera keamanan. Yang pertama memungkinkan mereka untuk firewall setiap perangkat dan aksesori sehingga setiap kompromi pada satu tidak mempengaruhi yang lain, dan yang kedua memungkinkan video yang direkam dianalisis secara lokal pada iPad, Apple TV, dan HomePod yang ada di rumah Anda, kemudian dikirim sepenuhnya dienkripsi ke iCloud. Itu berarti hanya Anda yang dapat melihat video dan penyedia kamera maupun Apple tidak dapat mengaksesnya.

Multi-user on tvOS

Sebuah desahan yang sangat panjang hilang dari saya ketika Apple mengumumkan dukungan multi-pengguna untuk Apple TV, dengan homescreen yang disesuaikan dan rekomendasi per profil.

More Additions untuk watchOS

Dan yang tak kalah pentingnya, inilah contoh lain dari Apple yang mempercepat dengan platform dan menjilat Google beberapa kali, sementara perusahaan favorit kami duduk dan memutar-mutar ibu jarinya: watchOS. Ini memiliki fitur pelacakan siklus wanita baru dengan pemberitahuan, aplikasi pengukur kebisingan yang dapat mendeteksi lingkungan yang keras, dan tren aktivitas untuk memberi tahu Anda jika Anda telah mempertahankan level Anda selama 90 hari terakhir dibandingkan dengan sepanjang tahun, atau jika Anda Sedang malas atau membaik.

Sangat mudah untuk terjebak merenungkan setiap perubahan besar dan kecil dalam Android dari sudut pandang Google-sentris kami, tetapi melihat di balik pagar pada apa yang dilakukan Apple memberikan perspektif yang berbeda. Anda mulai memperhatikan celah yang lebih penting di Android, seperti mengedit video, pengingat, dan integrasi yang lebih baik antara aplikasi dan perangkat. Anda juga memiliki sedikit apresiasi lebih untuk hal-hal yang Anda miliki selama bertahun-tahun yang baru saja ditambahkan di iOS, seperti dukungan USB dan pengetikan gesekan. Ini adalah pertama kalinya saya secara dekat mengikuti keynote WWDC dalam beberapa tahun, dan saya senang saya memutuskan untuk mendengarkan. Saya sekarang memiliki apresiasi iOS yang baru ditemukan. Bahkan jika saya masih tidak melihat diri saya menggunakannya sebagai platform utama saya, saya dapat dengan jelas mengenali kemajuan yang telah dibuat dan bagaimana ia telah berubah menjadi sistem operasi seluler yang sangat kuat selama bertahun-tahun.